Faktor Penyebab Korupsi, Firli Bahuri: Keserakahan

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memaparkan adanya faktor internal dan eksternal yang menyebabkan seseorang melakukan korupsi. Dua di antara faktor internal yang disebut, yakni keserakahan serta rendahnya hukuman.

Hal tersebut disampaikan Firli saat rapat koordinasi (rakor) dan dengar pendapat program pemberantasan korupsi terintegrasi bersama pimpinan DPRD se-Sumatera Selatan (Sumsel) di ruang serbaguna gedung DPRD Provinsi Sumsel, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Kisah Firli Bahuri Keluar dari Kemiskinan Berkat Pendidikan

“Faktor internal karena keserakahan, kesempatan, kebutuhan dan hukuman rendah untuk pelaku korupsi,” ujar Firli dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022).

Firli turut mengungkapkan faktor eksternal yang menyebabkan orang melakukan korupsi, yakni kegagalan sistem. Hanya saja, dia menilai inti dari masalah korupsi terletak pada lemahnya integritas pada individu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Firli Bahuri mengingatkan soal tren penanganan kasus di KPK. Dipaparkan, hingga Januari 2022, ada 1.389 penyelenggara negara yang terjerat kasus korupsi, 310 orang di antaranya merupakan perkara anggota legislatif.

Baca Juga: Singgung KPK Masa Lalu, Firli Bahuri: 3 Orang Divonis Bebas

Atas dasar itu, Firli menekankan pentingnya menanamkan integritas pada kader partai politik (parpol). Hal itu mengingat parpol memiliki suara rakyat. Tidak hanya itu, partai juga dapat mengusung wakil rakyat hingga pemimpin baik di tingkat daerah maupun nasional serta bisa menyusun regulasi hukum.

“Tugas partai mencari kader calon pemimpin yang mempunyai integritas dan kapabilitas. Fokus pada niatan itu,” ucap Firli Bahuri.



Penulis: Muhammad Aulia / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#Firli Bahuri #Ketua KPK #KPK #Penyebab Korupsi #Kasus Korupsi

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

UGM dan Kemenkominfo Kolaborasi KKN-PPM Literasi Digital

Saat Ahok, Bima Arya, dan Airin Berkelakar soal Pilkada DKI

Cara Klaim Asuransi Mobil kalau Terlibat Tabrakan Beruntun

Ratusan Tenaga Kesehatan Profesional Ditempatkan di Arab Saudi

Dorong Transaksi Cashless, Ini Program dari Bank BJB

Sawit Sumbermas Sarana Raih Sindikasi Pinjaman Rp 3,6 T

Berantas Korupsi di BUMN, Langkah Erick Thohir Tuai Pujian

Legalisasi Ganja di Indonesia, Ini Respons Mabes Polri

Nikita Sebut Kepolisian Berbohong Terkait Penggerebekan Rumahnya

Singapura Laporkan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi dalam 3 Bulan

BERITA TERPOPULER