Ali Ghufron: Achmad Yurianto Berkontribusi Besar pada JKN

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti turut berduka cita atas meninggalnya Achmad Yurianto, ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan yang juga pernah menjabat sebagai Juru Bicara Covid-19 RI.

Ghufron mengatakan, sepanjang hidupnya, almarhum telah begitu banyak memberikan kontribusi dan dedikasi yang luar biasa di berbagai bidang, termasuk dalam penyelenggaraan sistem jaminan kesehatan.

"Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian beliau. Hari ini Indonesia kehilangan salah satu putra bangsa terbaiknya," kata Ali Ghufron Mukti, Sabtu (21/5/2022).

Ghufron juga mengenang kepribadian Achmad Yurianto semasa hidupnya yang berintegritas tinggi dalam bekerja.

"Almarhum semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang sangat bijak, low profile, bersahabat, profesional dan berintegritas tinggi dalam bekerja," kata Ghufron mengenang Achmad Yurianto.

Baca Juga: Terawan: Achmad Yurianto Prajurit Gigih yang Bisa Diteladani

Achmad Yurianto meninggal dunia pada Sabtu (21/5/2022) pukul 18.58 WIB. Achmad Yurianto meninggal dunia dalam usia 60 tahun setelah sebelumnya menjalani perawatan penyakit kanker.

Mantan Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi menjalani perawatan di Malang, Jawa Timur agar lebih dekat dengan keluarga.

Pria kelahiran 11 Maret 1962 ini menjabat sebagai juru bicara pemerintah pada lembaga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sejak 12 Maret hingga 20 Juli 2020.

Mantan Juru Bicara Penanganan Covid-19 Nasional Achmad Yurianto meninggal dunia karena kanker usus, Sabtu (21/5/2022). Achmad Yurianto meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Dr Syaiful Anwar, Malang, Jawa Timur.

Sebelumnya, Achmad Yurianto menjalani perawatan kanker di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Yurianto mengidap kanker usus dan sempat menjalani perawatan di RSPAD selama beberapa pekan untuk menjalani perawatan terkait penyakit kanker usus tersebut. Ia kemudian melanjutkan pengobatan di kampung halamannya di Kota Malang agar lebih dekat dengan keluarga.

Baca Juga: Achmad Yurianto Berjasa Besar Kawal Awal Pandemi Covid-19

"Benar. Beliau meninggalnya di RS Dr Syaiful Anwar Malang. Kami turut berduka cita," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril kepada Beritasatu.com, Sabtu (21/5/2022).

Kabar duka ini juga dibenarkan oleh mantan Tenaga Ahli Menteri Kesehatan (Menkes) dr Terawan Agus Putranto, Andi.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah, dr Achmad Yurianto (Mantan Dirjen P2P Kemenkes RI / Jubir Covid Nasional ) pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 18.58 WIB di Malang," kata Andi.

"Semoga beliau diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran. Aamiin ya rabbal alamin," tambah Andi.

Alamat rumah duka almarhum berada di jalan Ir Soekarno 31, Kota Batu, Malang.



Penulis: Herman / JAS
Sumber: BeritaSatu.com

#Achmad Yurianto #JKN #BPJS Kesehatan #Achmad Yurianto Meninggal #Ali Ghufron

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Hikmahbudhi Sayangkan Renovasi Wihara di Sukabumi Ditolak Ormas

Listrik PLN Kini Terangi Kampung Boldon di Papua Barat

Tiba di Kyiv Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Dimulai

Airlangga Hartarto Bahas Sepak Bola Bersama Ronaldinho

Bantuan untuk Korban Banjir Pamijahan Terkendala Medan

Analis Bloomberg Prediksi Pendapatan SILO Terus Tumbuh pada Tahun Ini

Ke Ukraina Bawa Misi Perdamaian, Jokowi: Semoga Dimudahkan

Konstitusi Uzbekistan Jamin Perlindungan Hak Warga Negara

Malaysia Open: Tekuk Duet Tiongkok, Ahsan/Hendra ke 16 Besar

KPK Usut Dugaan Penggunaan Tanah Warga untuk IMB Summarecon

BERITA TERPOPULER