KPK Limpahkan Berkas Bupati PPU ke Pengadilan Tipikor

Jakarta, Beritasatu.com – Jaksa dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan untuk kasus dugaan suap Bupati nonaktif Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Samarinda. Berkas tersangka lain pun dalam kasus itu juga dilimpahkan ke pengadilan.

“Tim jaksa telah selesai melimpahkah berkas perkara bersama surat dakwaan terdakwa Abdul Gafur Mas’ud dan kawan-kawan ke Pengadilan Tipikor pada PN Samarinda,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Bupati Penajam Paser Utara Diduga Peroleh Jatah dari Pemenang Proyek

Dengan demikian, penahanan para terdakwa menjadi kewenangan Pengadilan Tipikor. Hanya saja, Ali menjelaskan untuk sementara penahanan para terdakwa masih dititipkan pada sejumlah rumah tahanan (Rutan).

Abdul Gafur dan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis ditahan di Rutan KPK pada gedung Merah Putih. Sementara Kepala Dinas PUPR PPU Edi Hasmoro; dan Kepala Bidang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jusman ditahan di Rutan Polres Jakarta Pusat. Sementara, Plt Sekda PPU Mulyadi ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur.

“Tim jaksa masih akan menunggu penetapan penunjukkan majelis hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan,” ujar Ali.

Baca Juga: DPR: Lin Che Wei Jadi Pintu Masuk Kejagung Usut Oligarki Minyak Goreng

Atas ulahnya, para terdakwa didakwa disangka melanggar Pasal 12 huruf b juncto Pasal 18 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP atau Pasal 11 juncto Pasal 18 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Diberitakan, KPK menetapkan Abdul Gafur Mas'ud sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek dan perizinan di Pemkab PPU, Kamis (13/1/2022). Tak hanya Abdul Gafur, KPK juga menjerat lima orang lainnya sebagai tersangka kasus ini.

Penetapan tersangka ini dilakukan KPK setelah memeriksa intensif Abdul Gafur dan 10 orang lainnya yang diciduk tim satgas dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan PPU, Rabu (12/1/2022).



Penulis: Muhammad Aulia / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#KPK #Abdul Gafur Mas'ud #Penajam Paser Utara

BAGIKAN

BERITA TERKINI

Unik! Pedagang Hewan Kurban di Depok Jual Domba Tanduk Empat

Tarif ke Taman Nasional Komodo Rp 3,75 Juta Bikin Resah

Pengamat Ingatkan Waspada Potensi Krisis Ekonomi seperti Sri Lanka

KPK Pertanyakan ICW yang Hanya Ungkit Harun Masiku

Transisi Pandemi, Perekonomian Nasional dan DKI Akan Melesat

Cakupan Rendah, Bulan Imunisasi Anak Nasional Digelar

UGM dan Kemenkominfo Kolaborasi KKN-PPM Literasi Digital

Saat Ahok, Bima Arya, dan Airin Berkelakar soal Pilkada DKI

Cara Klaim Asuransi Mobil kalau Terlibat Tabrakan Beruntun

Ratusan Tenaga Kesehatan Profesional Ditempatkan di Arab Saudi

BERITA TERPOPULER