Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 Dipusatkan di Ende

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan bahwa upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 akan dipusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia mengikuti perayaan Hari Lahir Pancasila secara luring dan daring.

Hal ini termuat dalam Surat Kemendagri Nomor 003.1/3510/polpum tertanggal 25 Mei 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. Surat ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Hari Rabu, 1 Juni 2022, Pukul 09.00 WITA,” tulis Bahtiar dalam surat tersebut.

Baca Juga: ASN Kemendagri Harus Jaga Akuntabilitas dan Integritas dalam Melayani Publik

Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten kota, perwakilan negara sahabat, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh tamu undangan secara luring dan daring. Karena itu, tutur dia, peringatan Hari Lahir Pancasila di instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan ditiadakan.

“Kegiatan diganti dengan mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila yang terpusat di Lapangan Pancasila Ende secara luring dan daring,” demikian Bahtiar.

Para peserta upacara diimbau agar mengenakan pakaian adat dan TNI/Polri menyesuaikan. Peringatan yang bertemakan “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” akan disiarkan secara langsung oleh kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP dan saran TV nasional. Perangkat daerah, sekolah negeri dan swasta serta masyarakat bisa mengikut upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut melalui kanal-kanal media yang sudah disediakan dari kantor, ruang kerja, rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Baca Juga: BNPT: Waspadai NII karena Ideologinya Bertentangan dengan Pancasila

Kemendagri juga mengimbau seluruh instansi pemerintah dan swasta, kampus, serta sekolah negeri dan swasta agar turut memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 melalui berbagai publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan tema, logo, dan latar belakang layar peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022.

“Aktivitas atau kegiatan memperingati dan memeriahkan Hari Lahir Pancasila dapat dilakukan secara kreatif, tetapi tidak mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi, serta tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya.



Penulis: Yustinus Paat / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#Hari Lahir Pancasila #Ende #Kemendagri

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sambut Hari Bhayangkara, Kapolri Ziarah ke TMP Kalibata

Wahana Antariksa Tiongkok Rekam Gambar Seluruh Planet Mars

KAI Commuter Gelar Kampanye Cegah Tindak Kekerasan

Hikmahbudhi Sayangkan Renovasi Wihara di Sukabumi Ditolak Ormas

Listrik PLN Kini Terangi Kampung Boldon di Papua Barat

Tiba di Kyiv Ukraina, Misi Perdamaian Jokowi Dimulai

Airlangga Hartarto Bahas Sepak Bola Bersama Ronaldinho

Bantuan untuk Korban Banjir Pamijahan Terkendala Medan

Analis Bloomberg Prediksi Pendapatan SILO Terus Tumbuh pada Tahun Ini

Ke Ukraina Bawa Misi Perdamaian, Jokowi: Semoga Dimudahkan

BERITA TERPOPULER