Mahasiswa UMB Perkenalkan Public Speaking ke Siswa SMK

Jakarta, Beritasatu.com – Mahasiswa UMB memperkenalkan public speaking kepada para siswa SMK sebagai implementasi kuliah peduli negeri. Kerja sama antara mahasiswa Universitas Mercu Buana (UMB) dengan SMK Yappenda merupakan salah satu implementasi dari kuliah peduli negeri. Kegiatan dilakukan sebagai wujud kontribusi dan kepedulian mahasiswa dalam membantu pemerintah untuk memberikan edukasi. Pelaksanaan ini dikemas dalam bentuk sharing session yakni berbagi ilmu dan pengalaman terkait public speaking. 

Baca Juga: UMB Berikan Santunan ke Anak Yatim, Pesan Probosutedjo: Pendidikan untuk Semua

Kegiatan ini mengusung tema “Pentingnya Keterampilan Public Speaking, Guna Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum bagi siswa di SMK Yappenda”. Acara diselenggarakan pada Senin (23/5/2022). Sharing session ini diikuti 31 siswa kelas XII dari masing-masing jurusan, terdiri dari Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), dan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Elly Yuliawati mengatakan bahwa kuliah peduli negeri merupakan implementasi dan kontribusi mahasiswa sebagai akademisi, yang memberikan keterampilan kompetensinya untuk kemaslahatan masyarakat.

[#pagebreak#]

Materi kegiatan ini dipandu dua orang mahasiswi Universitas Mercu Buana, Dini Meilinda dan Zahrotus Sholihah sebagai pembicara.

“Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dikalangan siswa, khususnya siswa SMK Yappenda. Diharapkan ilmu dan pengalaman yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi siswa, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dunia perkuliahan atau dunia kerja,” ujar Dini.

Baca Juga: UMB Gelar Konferensi Komunikasi Nasional Terkait Covid-19

Proses kegiatan ini tidak hanya menyampaikan materi saja, melainkan ada sesi question and answer (Q&A) serta challenge. Terdapat 3 siswa yang berani menjalani tantangan yang diberikan yaitu mempraktikkan public speaking dengan berbicara di depan peserta lainnya.

“Dari kegiatan ini dan materi yang diberikan membuat saya bisa menjadi orang yang percaya diri. Pada saat saya harus maju ke depan melakukan public speaking, saya merasa lebih percaya diri karena biasanya saya malu melakukan hal tersebut”, ucap Putri Annisa, salah satu siswi SMK Yappenda.

Diharapkan kegiatan ini memberikan dampak positif, baik bagi mahasiswa Universitas Mercu Buana, pihak sekolah SMK Yappenda, maupun para siswa.

Baca Juga: UMB Gelar Literasi Media Baru untuk Pelajar



Penulis: Yudo Dahono / YUD
Sumber: BeritaSatu.com

#UMB #Public Speaking #SMK #Siswa SMK

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sawit Sumbermas Sarana Raih Sindikasi Pinjaman Rp 3,6 T

Berantas Korupsi di BUMN, Langkah Erick Thohir Tuai Pujian

Legalisasi Ganja di Indonesia, Ini Respons Mabes Polri

Nikita Sebut Kepolisian Berbohong Terkait Penggerebekan Rumahnya

Singapura Laporkan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi dalam 3 Bulan

Ganja Medis, Legislator: Sikapi dengan Kehati-hatian

Bukalapak Perkirakan EBITDA 2022 Datar Dibanding 2021

KSP: Kuota Hampir Habis, Pertalite dan Solar Harus Dibatasi

Kasus Korupsi E-KTP, KPK Panggil Eks Mendagri Gamawan

Rambah Pasar Indonesia, Defunc Rilis Empat Earbud Nirkabel

BERITA TERPOPULER