UGM dan Kemenkominfo Kolaborasi KKN-PPM Literasi Digital

Yogyakarta, Beritasatu.com - Kemenkominfo menggandeng UGM menggelar KKN-PPM guna melakukan literasi digital di perguruan tinggi. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) untuk melakukan literasi digital di sektor pendidikan tingkat perguruan tinggi.

Rektor UGM Ova Emilia mengatakan tujuan dari kolaborasi antara Kemenkominfo dan UGM adalah untuk mengedukasi masyarakat desa mengenai teknologi digital melalui KKN-PPM mahasiswa UGM dalam rangka mendukung program literasi digital oleh Kemenkominfo. 

Menurutnya, berdasarkan hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 menyebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori sedang dengan angka 3.49 dari 5,00.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Terima Gelar Doktor Kehormatan dari UGM

Menanggapi hal tersebut, Kemenkominfo bekerja sama dengan UGM untuk menjadikan 4 pilar utama literasi digital yang meliputi kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital sebagai salah satu materi penyuluhan untuk masyarakat desa dalam aktivitas KKN-PPM Periode 2 Tahun 2022.

[#pagebreak#]

Ova menegaskan bahwa pelaksanaan KKN-PPM merupakan salah satu wujud komitmen UGM dalam mengimplementasikan Education for Sustainable Development (ESD), yaitu pendidikan yang mendorong perubahan dalam pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan sikap untuk memungkinkan masyarakat yang lebih berkelanjutan dan adil bagi semua.

"Hal ini dilakukan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030, yaitu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan," kata Ova dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Kamis (29/6/2022).

Ova menuturkan untuk periode kedua tahun 2022 ini, tema kita memperkokoh jaringan persatuan dan kesatuan bangsa dengan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Baca Juga: Ova Emilia Terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022-2027

"Kami berikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kemenkominfo melalui program literasi digital untuk KKN-PPM periode ini,” jelasnya.

[#pagebreak#]

Selanjutnya, Ova menuturkan sebanyak 6.247 mahasiswa yang akan diterjunkan dalam KKN-PPM Periode 2 Tahun 2022 telah diberikan pembekalan khusus mengenai 4 pilar utama literasi digital melalui kegiatan training of trainer (ToT) oleh Kemenkominfo yang dilaksanakan pada 9-10 Juni 2022 lalu.

Satu kelompok KKN terdiri dari 20 hingga 30 mahasiswa yang bertugas mengedukasi satu desa sesuai dengan proposal termasuk melakukan penyuluhan mengenai literasi digital. Materi tentang literasi digital tersebut akan diteruskan kepada masyarakat di 441 desa yang tersebar dalam 199 kecamatan, 85 kabupaten/kota, 28 provinsi di Indonesia.

Ova mengatakan kegiatan mahasiswa mengabdi di masyarakat sejalan dengan jati diri UGM sebagai universitas kerakyatan karena memiliki komitmen yang tinggi untuk mengabdi pada kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Sementara, Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM Prof Irfan Dwidya Prijambada, melaporkan KKN-PPM dilaksanakan selama 50 hari secara luring sejak 25 Juni 2022 hingga 13 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga: KPPPA Gandeng UGM Siapkan Aturan Pelaksana UU TPKS

Selama di lapangan, UGM bekerja sama dengan perguruan tinggi mitra di wilayah setempat seperti Universitas Borneo Tarakan, Kalimantan Utara, Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghazali, Cilacap, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Tangerang, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Brawijaya, Malang, Universitas Teknologi Bandung, dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.



Penulis: Maria Fatima Bona / YUD
Sumber: BeritaSatu.com

#UGM #Kemenkominfo #Literasi Digital #Digital

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Arsenal vs Leicester City: Meriam London di Atas Angin

Ujian Perdana AC Milan di Stadion San Siro, Lawan Udinese

Tanpa Sekolah, Masa Depan Anak Perempuan Afghanistan Tak jelas

Koalisi Gerindra-PKB Pastikan Tak Ada Nama Selain Prabowo dan Cak Imin

Ekspansi, Interior Mobil Hardy Classic Buka Workshop di BSD

Jerman Tolak Paspor Baru, Imigrasi Koordinasi ke Kemenlu

Koalisi Gerindra-PKB Bawa Kesejukan bagi Rakyat Indonesia

KPK Tidak Ungkap Rumah yang Disambangi Mukti Agung di Jaksel

Restoran McDonald's Akan Buka Gerai Lagi di Ukraina

Festival Danau Sentani Akan Dilaksanakan pada Oktober 2022

BERITA TERPOPULER