KPK Usut Dugaan Penggunaan Tanah Warga untuk IMB Summarecon

 

Jakarta, Beritasatu.com - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan penggunaan tanah dari warga untuk pengajuan izin mendirikan bangunan (IMB) oleh PT Summarecon Agung (SA) Tbk lewat anak usahanya PT Java Orient Property (JOP). Dugaan itu didalami melalui pemeriksaan saksi atas nama Andreas AB Prasetyo selaku Ketua Rukun Warga (RW), Selasa (28/6/2022).

Perlu diketahui, pemeriksaan kali ini berkaitan dengan kasus dugaan suap yang menjerat mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

"Dikonfirmasi antara lain terkait dugaan adanya penggunaan kepemilikan tanah dari warga untuk pengajuan IMB apartemen oleh PT SA Tbk melalui PT JOP," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: KPK Usut Arahan Haryadi Suyuti soal Permohonan IMB dari Summarecon

Selain itu, KPK juga telah memeriksa saksi lainnya yakni Kepala BPKAD Kota Yogyakarta, Wasesa; Koordinator Penanaman Modal Dinas PMPTSP, Wiwin Giri Doriawani; Koordinator PTSP Dinas PMPTSP, Nitya Raharjanta; serta staf pengamanan PT Java Orient Property, S Haryo Dewantoro alias Yoyok. Mereka diperiksa untuk mendalami proses pengusulan IMB apartemen ke Pemkot Yogyakarta.

"Dikonfirmasi antara lain terkait dengan proses usulan IMB apartemen dari PT SA Tbk melalui PT JOP ke Pemkot Yogyakarta," ungkap Ali.

Diberitakan, KPK menetapkan mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan IMB Apartemen Royal Kedhaton. Selain Haryadi Suyuti, KPK juga menjerat Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana dan sekretaris pribadi Haryadi, Triyanto Budi Yuwono, serta Vice President Real Estate Summarecon Agung, Oon Nusihono.

Baca Juga: KPK Dalami Pembahasan di Summarecon Terkait Permohonan IMB

Dalam kasus ini, Haryadi melalui Triyanto dan Nurwidhihartana diduga menerima suap US$ 27.258 dari Oon untuk memuluskan izin mendirikan bangunan (IMB) apartemen Royal Kedhaton yang digarap anak usaha Summarecon Agung, PT Java Orient Property.

 



Penulis: Muhammad Aulia / JEM
Sumber: BeritaSatu.com

#Summarecon #KPK #IMB #KPK Usut Pengurusan IMB Summarecon #Haryadi Suyuti

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Arsenal vs Leicester City: Meriam London di Atas Angin

Ujian Perdana AC Milan di Stadion San Siro, Lawan Udinese

Tanpa Sekolah, Masa Depan Anak Perempuan Afghanistan Tak jelas

Koalisi Gerindra-PKB Pastikan Tak Ada Nama Selain Prabowo dan Cak Imin

Ekspansi, Interior Mobil Hardy Classic Buka Workshop di BSD

Jerman Tolak Paspor Baru, Imigrasi Koordinasi ke Kemenlu

Koalisi Gerindra-PKB Bawa Kesejukan bagi Rakyat Indonesia

KPK Tidak Ungkap Rumah yang Disambangi Mukti Agung di Jaksel

Restoran McDonald's Akan Buka Gerai Lagi di Ukraina

Festival Danau Sentani Akan Dilaksanakan pada Oktober 2022

BERITA TERPOPULER