Bob Hasan Meninggal, Atletik Indonesia Berduka

Jakarta, Beritasatu.com - Dunia olahraga, khususnya atletik Indonesia berduka menyusul meninggalnya Bob Hasan, Selasa (31/3/2020). Seperti diketahui Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), H Mohammad Hasan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020, pukul 11.00 WIB.

Bob Hasan meninggal dunia di usia 89 tahun. Beliau diketahui mengidap penyakit kanker dan telah menjalani perawatan secara intensif sejak tiga bulan terakhir. Rencananya, almarhum bakal dimakamkan di Ungaran, Jawa Tengah.

"Saya dan jajaran pengurus NOC Indonesia ikut belasungkawa. Inna Lilahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Semoga Almarhum wafat dalam Husnul Khotimah, semua kebaikan diterima, serta mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Presiden National Olympic Committe (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari melalui keterangan, Selasa (31/3/2020).

Ia mengaku dunia olahraga Indonesia telah kehilangan tokoh yang dedikasinya sangat tinggi dalam mengangkat olahraga Indonesia. Bukan hanya menjadi Ketua Umum PB PASI tetapi Bob Hasan juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB PABBSI dan juga ikut berperan dalam mengangkat prestasi olahraga panahan dan catur.

"Semua cabang olahraga yang dipegang maupun didukungnya banyak lahir atlet-atlet berkualitas yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang multi event dan single event. Terus terang, saya sangat hormat dan kagum dengan sosok pak Bob yang mengabdi dalam dunia olahraga atletik hingga akhir hidupnya," tambah Okto, panggilan akrab Raja Sapta Oktohari.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah meninggal dunia bpk. Bob Hasan, pkl. 11:00.WIB di RSPAD Jakarta. Jenazah sampai saat ini masih ada di RSPAD dan akan disemayamkan di rumah duka. Sore nanti akan di bawa ke Semarang untuk dimakamkan di Ungaran," kata tokoh sepakbola nasional yang juga mantan manager timnas sepakbola Indonesia, Andi Darussalam Tabussala yang pernah menjadi orang kepercayaan Bob Hasan.

Kecintaan Bob Hasan terhadap olahraga memang tidak perlu diragukan. Lewat sentuhan mantan menteri pada era Presiden Soeharto ini sudah banyak lahir atlet atletik beprestasi yang mampu membawa Merah Putih seperti Purnomo, Mardi Lestari, Suryo Agung. Terakhir, Lalu Mohammad Zohri yang mampu menjadi juara dunia yang sempat viral di media sosial.
Masih segar di ingatan soal kemenangan Zohri yang berhasil meraih juara dunia U-20 dalam olahraga lari 100 meter di Finlandia, beberapa waktu lalu dengan catatan waktu 10,18 detik. Atlet asal Lombok Utara itu sempat menjadi buah bibir karena polemik soal bendera Merah Putih.

Selain menjabat sebagai Ketua Umum PB PASI, Bob Hasan juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB PABBSI, dan menempatkan orangnya Machnan Kamaludin sebagai Ketua Umum PB Percasi, dan Haposan Panggabean sebagai Ketua Umum PB Perpani. Di era itu juga lahir trio srikandi Indonesia yakni Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardani dan Lilis Handayani saat meraih perak Olimpiade Seoul 1988.

 



Penulis: Hendro D Situmorang / YUD
Sumber: BeritaSatu.com

#Bob Hasan #PB PASI

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Bank Dunia Setujui Pendanaan Tanggap Darurat Covid-19 di Indonesia

Teh Pucuk Harum Bagikan Donasi ke Pelaku UMKM Kuliner

Menaker: Isu TKA Tiongkok Kasus Lama

Setiap Tahun, Industri Rokok Mencari Perokok Baru

Tantangan Baru Para Musisi di Era New Normal

Kabupaten Bogor Perpanjang PSBB Sampai 4 Juni 2020

Perpanjangan SIM Dibuka Kembali 30 Juni 2020

Pemkot Tangerang Kaji Salat Jumat Dibagi 3 Kloter

Pemprov Jatim Belum Siap Terapkan New Normal

Ketua Tim Pengawas Covid DPR: Pelaksanaan New Normal Harus Super Ketat

BERITA TERPOPULER