Pelapor Abu Janda Dicopot dari Jabatan Ketum KNPI, Ketua Harian: Saya dengan Tegas Mengutuk

Jakarta, Beritasatu.com – Haris Pertama diberhentikan dari jabatannya sebagai ketua umum (ketum) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Diketahui, Haris merupakan pelapor Permadi Arya alias Abu Janda ke polisi. Keputusan pemberhentian Haris dikutuk keras oleh Ketua Harian KNPI Gandung Rafiul N Huda.

Gandung mempertanyakan rapat segelintir pengurus yang mengaku memberhentikan Haris yang digelar di Jakarta, Sabtu (6/3/2021). Menurut Gadung, KNPI tetap solid mendukung kepemimpinan Haris sebagai ketum. Hal ini disampaikan Gandung di Jakarta, Senin (8/3/2021).

“Saya dengan tegas mengutuk pelanggaran organisasi yang dilakukan oknum-oknum pengurus DPP KNPI di acara rapat Ritz Carlton dan menyatakan pertemuan tersebut sebagai bentuk skenario jahat memecah belah pemuda Indonesia,” ujar Gandung.

Gandung menegaskan, Haris Pertama masih menjabat ketum. Gandung menjelaskan, rapat pleno DPP KNPI memiliki aturan main sesuai AD/ART. Gandung mendeklarasikan “perang” terhadap semua pihak yang terlibat pada agenda pemecah belah pemuda.

“Ini adalah upaya mendelegitimasi DPP KNPI melalui rencana kongres bersama,” tegas Gandung.

Baca Juga: Jaga Soliditas, KNPI Segera Agendakan Kongres Bersama

Gandung mengatakan, salah satu musuh pemuda Indonesia saat ini yakni oknum pemuda yang suka mengintervensi organisasi. Tujuannya tidak lain untuk memecah belah, mengadu domba sesama anak bangsa.

“Mental buruk tersebut pernah menjadi cara-cara khas penjajah melemahkan soliditas kaum muda,” kata Gandung.

Sementara itu, Ketua Bidang Hukum DPP KNPI Medya Rischa Lubis juga mengatakan rapat pleno DPP KNPI ada aturan main sebagaimana AD/ART. Menurut Medya, tidak bisa tiba-tiba digelar rapat, memasang spanduk, lalu mengambil keputusan dan dianggap sah.

“Ada aturan mainnya, antara lain harus kuorum yaitu 50% plus 1 suara pengurus. Kedua, harus disetujui 2/3 OKP dan 2/3 DPD provinsi yang berhimpun. Ketiga, harus ada usulan tertulis disertai alasan pemberhentian. Lah, ini pertemuan hanya hadir 40-an orang, sementara pengurus 800 orang lebih mau kuorum dari mana?,” ungkap Medya.

Medya menjelaskan, rapat pleno juga harus persetujuan DPD dan OKP. Karena itu Medya menegaskan, DPP KNPI akan mengambil sikap tegas terhadap mereka yang menggelar rapat itu.

Baca Juga: Ketua KNPI Merasa Diteror, LPSK Persilakan Ajukan Perlindungan

“Jadi upaya-upaya perpecahan seperti ini jangan sampai mencoreng soliditas di antara pemuda se-Indonesia. Tentunya sebagai Ketua Umum Mandataris Kongres KNPI Bogor, Haris Pertama tidak akan tinggal diam dan mengambil sikap,” tutur Medya.

Wakil Ketum KNPI Rahmat Bastian menyatakan, kemungkinan yang hadir dalam rapat di hotel itu kurang dari 45 orang. Padahal, jumlah pengurus KNPI sudah mencapai 810 orang yang mayoritas tidak berhasil diundang maupun dihadirkan secara dadakan oleh panitia.

“Saat itu Ketum Haris Pertama sedang berada di Muspida Riau. Apalagi kami mayoritas masih solid kompak di bawah kepemimpinan tunggal dan setia pada diskresi Ketum DPP Haris Pertama,” kata Rahmat.

Haris Pertama pun merespons rapat itu. Menurut Haris, rapat pleno tersebut hanya dihadiri 40-an orang saja dari ratusan pengurus DPP KNPI. Haris menuding rapat pleno tersebut adalah makar organisasi dan tidak jelas tujuannya.

“Aturan jumlah kuorum sudah diatur di AD/ART. Jadi jelas ini makar organisasi. Saya kan dipilih dalam forum kongres. Jadi tidak bisa menurunkan saya di rapat pleno karena lebih rendah dari forum kongres,” demikian Haris.

Baca Juga: Abu Janda Bertemu Pigai, KNPI Tidak Akan Cabut Laporan Soal Dugaan Pernyataan Rasis



Penulis: Yustinus Paat / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#Haris Pertama #Abu Janda #KNPI #Ketum KNPI

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

23.455 Wisatawan Kunjungi Pantai Glagah Kulon Progo Saat Libur Lebaran

BERITA TERPOPULER