PDIP Minta Pemerintah Revisi PP 57/2021

Jakarta, Beritasatu.com - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) di MPR, Tubagus Hasanuddin, menyatakan Pemerintah sebaiknya tak menunggu lama untuk mencabut dan segera melakukan revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Beleid yang sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menjadi kontroversi karena menghilangkan Pancasila dan Bahasa Indonesia dari daftar mata pelajaran standar.

Baca Juga: Kontroversi PP 57/2021, PAN: Jangan Main-main untuk Soal Pancasila

Menurut Hasanuddin, sebenarnya di samping tak sesuai dengan UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, PP 57/2021 juga bertentangan dengan UU No.23 tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

"Dalam UU PSDN tegas tertulis bahwa dalam semua tataran tingkatan itu wajib ada pembelajaran Pancasila dalam konteks bela negara," kata Hasanuddin, Minggu (18/4/2021).

Purnawirawan TNI bintang 2 itu mengatakan dirinya mengecek bahwa di PP 57/2021 Pasal 6 ayat I1, memang standar kompetensi difokuskan pada penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Namun penanaman karakter Pancasila tidak muncul pada standar lulusan jenjang pendidikan menengah umum.

Dia sudah mengeceknya di pasal 6 ayat 2 untuk lulusan menengah, untuk menengah kejuruan di pasal 6 ayat 3, hingga lulusan pendidikan tinggi di pasal 6 ayat 4.

Padahal, di UU 23/2019 tentang PSDN Pasal 8 ayat (2), berbunyi 'Pembinaan Kesadaran Bela Negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diselenggarakan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan'.

Dan Pancasila sebagai Nilai dasar Bela Negara, diatur dalam Pasal 7 ayat (3) UU tersebut.

"Jadi jelas tak sesuai dengan UU Bela Negara dan UU Pendidikan Tinggi. Jadi sebaiknya Pemerintah segera mencabut dan melakukan revisi terhadap PP 57/2021," pungkas Hasanuddin.



Penulis: Markus Junianto Sihaloho / FMB
Sumber: BeritaSatu.com

#Pancasila #Standar Nasional Pendidikan #Tubagus Hasanuddin #PDIP #PP Nomor 57 Tahun 2021

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Sundulan Kiper Alisson Jaga Asa Liverpool Lolos ke Liga Champions

Lusa, MKD DPR Gelar Pleno Bahas Azis Syamsuddin

Tahanan BNN Sumut Kabur Setelah Siram Petugas dengan Air Cabai

Pengganti Zidane, Nama Raul dan Joachim Low Masuk Daftar

Puncak Pergerakan Pengguna KRL Masa Libur Lebaran pada Siang Hari

Enam Desa di Aceh Tenggara Diterjang Banjir Bandang

Lima Gol di Selhurst Park, Palace Tumbangkan Villa

Menengok Penampilan Masa Muda Crazy Rich asal Malang

Babak I, West Bromwich vs Liverpool Bermain Imbang

Banjir di Nagan Raya, Ratusan Rumah di 6 Desa Masih Terendam

BERITA TERPOPULER