Tiga Jalur Capres 2024: Kepala Daerah, Menteri, dan Politikus

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyatakan terdapat tiga jalur capres 2024, yakni dari kepala daerah, menteri, dan politikus. Hal ini mengacu temuan survei elektabilitas capres yang dilakukan Poltracking Indonesia.

“Dengan temuan survei ini terlihat kemungkinan potensial hanya tiga jalur saja. Survei ini juga memberikan gambaran dalam konteks Pilpres 2024, terdapat tiga panggung strategis, yakni kepala daerah, menteri, dan politikus atau ketua umum partai yang mendapat sorotan publik dan dapat dikapitalisasi sebagai eskalator politik untuk capres 2024,” kata Hanta di Jakarta, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Survei Poltracking Indonesia: Mayoritas Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-Ma’ruf

Hanta mengatakan untuk jalur pertama, para kepala daerah di Pulau Jawa memiliki elektabilitas signifikan. Ganjar Pranowo berada di peringkat teratas dengan elektabilitas 18,2 persen. Disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 10,2 persen. Kemudian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (2,4 persen), serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,1 persen).

“Jalur gubernur, khususnya ini eskalator politik menuju Capres 2024 yang potensial. Khususnya gubernur di Pulau Jawa, yaitu gubernur DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata Hanta.

Sementara, elektabilitas nama-nama dari jalur menteri memang tidak terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan para gubernur di Pulau Jawa. Menparekraf Sandiaga Uno (1,7 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (0,2 persen). Nama Menhan Prabowo Subianto dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto masih beririsan dalam jalur ini.

Baca Juga: Survei Poltracking Indonesia: Elektabilitas Ganjar Pranowo Salip Prabowo Subianto

Terakhir, jalur politikus atau pimpinan partai politik (parpol). Prabowo Subianto selaku ketua umum (ketum) Partai Gerindra memiliki elektabilitas 17,1 persen. Ketua DPP PDIP Puan Maharani (1,5 persen), Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen), Ketum Golkar Airlangga Hartarto (0,5 persen), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (0,3 persen) dan Ketum PAN Zulkifli Hasan (0,2 persen).

Poltracking Indonesia menyelenggarakan survei nasional pada 3-10 Oktober 2021 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah sampel 1.220 responden dengan margin of error plus minus 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.



Penulis: Carlos KY Paath / CAR
Sumber: BeritaSatu.com

#Capres #Ganjar Pranowo #Prabowo Subianto #Poltracking Indonesia #Pilpres 2024 #Ridwan Kamil #Anies Baswedan #Hasil Survei #Elektabilitas #AHY

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Prima Protect Plus Bagikan Paket Sanitasi untuk Mitra Grab

Brasil Sudah Vaksinasi Covid 90% Populasi

Pemberdayaan Masyarakat, PT TCM Gandeng ISSF

Bus Terbakar di Tol Semarang-Solo

Pemerintah Siapkan Bonus untuk Tim Piala Thomas 

Iran Nyatakan Tuntutan Kesepakatan Nuklir

Kongres JKPI Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan

Airlangga Apresiasi Polri Dukung Kebijakan Pemerintah

Usut Pelanggaran HAM di Piniai, Kejagung Harus Transparan

Kasus Aset Nirina Zubir, Polisi Telusuri TPPU

BERITA TERPOPULER