SEA Games: Aiman Cahyadi Raih Perak Kedua dari Balap Sepeda

Hanoi, Beritasatu.com - Pembalap sepeda Aiman Cahyadi kembali meraih medali perak di SEA Games 2021 Vietnam setelah finis kedua pada balapan nomor Individual Road Race putra yang berlangsung di Hoa Binh, Vietnam, Sabtu (21/5/2022).

Aiman menyentuh garis finis kedua dengan catatan waktu 3 jam 48,22 menit dengan kecepatan rata-rata 41,63 km/jam. Sebelumnya pebalap 28 tahun itu meraih perak dari nomor road Individual Time Trial.

Perlombaan berlangsung dramatis, khususnya pada tiga kilometer jelang finis ketika empat pebalap saling adu cepat untuk menjadi yang terdepan.

Baca Juga: SEA Games: Apriyani/Fadia ke Final, Putri KW Tumbang

Hingga akhirnya, Aiman harus puas di posisi kedua di belakang pesepeda asal Malaysia Muhammad Nur Aiman Mohd Zariff yang membawa pulang emas.

Sedangkan posisi ketiga di tempati pebalap Thailand Naviti Liphongyu dan posisi keempat adalah pebalap sepeda asal Singapura Boon Kiak Yeo.

Berdasarkan hasil lomba, tidak ada gap waktu dari empat pembalap terdepan tersebut.

Pada posisi kelima adalah atlet Indonesia Bernard Benyamin Van Aert yang mencatatkan waktu 3 jam 51,17 menit atau terpaut 2,55 detik dari rombongan pertama.

Aiman Cahyadi usai perlombaan mengatakan hasil perlombaan kali ini tak lepas dari kerja sama antar pebalap Indonesia.

"Terima kasih banyak, medali perak ini saya persembahkan untuk teman-teman saya yang bekerja keras, hari ini. Karena tanpa mereka saya bukan siapa-siapa," kata Aiman.

Baca Juga: SEA Games: Lifter Rahmat Raih Emas Sekaligus Pertajam Rekor

Secara keseluruhan, tim Merah Putih menurunkan lima pembalap. Selain Aiman dan Bernard ada Terry Yudha Kusuma, Jamalidin Novardianto, dan Selamat Juangga yang finis di urutan 23, 24, dan 25 dengan catatan waktu 4 jam 04,40 menit.

Perjuangan atlet balap sepeda Indonesia memang luar biasa. Mereka harus mengayuh sepeda sejauh 162,25 km dengan kondisi hujan.

"Kesulitan, hari ini memang hujan dan licin. Jadi harus berhati-hati. Bernard sempat jatuh. Namun, berkat kerja sama tim yang sungguh luar biasa akhirnya bisa meraih perak. Hasil ini juga tak lepas dari persiapan dengan mengikuti kompetisi di Tajikistan jadi bisa mengukur kemampuan dan juga performa," pungkas Aiman.



Penulis:  / CAH
Sumber: ANTARA

#SEA Games #Aiman Cahyadi #Balap Sepeda #Balap Sepeda SEA Games

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

UGM dan Kemenkominfo Kolaborasi KKN-PPM Literasi Digital

Saat Ahok, Bima Arya, dan Airin Berkelakar soal Pilkada DKI

Cara Klaim Asuransi Mobil kalau Terlibat Tabrakan Beruntun

Ratusan Tenaga Kesehatan Profesional Ditempatkan di Arab Saudi

Harganas Jadi Momentum Gotong Royong Atasi Stunting

Dorong Transaksi Cashless, Ini Program dari Bank BJB

Sawit Sumbermas Sarana Raih Sindikasi Pinjaman Rp 3,6 T

Berantas Korupsi di BUMN, Langkah Erick Thohir Tuai Pujian

Legalisasi Ganja di Indonesia, Ini Respons Mabes Polri

Nikita Sebut Kepolisian Berbohong Terkait Penggerebekan Rumahnya

BERITA TERPOPULER