Terobosan Ketua BTN Tingkatkan Prestasi Esport Indonesia

Jakarta, Beritasatu.com – Prestasi tim nasional Esport Indonesia di SEA Games terus meningkat, salah satunya berkat terobosan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Esports Indonesia, Ibnu Riza Pradipto yang mampu mengangkat prestasi. Pada penampilan perdana di SEA Games 2019 Filipina itu, timnas Esports Indonesia hanya meraih 2 perak dan 1 perunggu. Kini di SEA Games Vietnam, mampu merebut 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu

Cabang olahraga esports mulai muncul pada SEA Games 2019 Filipina. Kala itu, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) dan Pengurus Nasional Indonesia Esports Association (PN IESPA) masih belum menyatu. PB ESI menginduk ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sedangkan IESPA di barisan anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia).

Kesuksesan itu memang tidak terlepas dari peran Ibnu Riza Pradipto yang menjadi Ketua PN IESPA menggantikan posisi Eddy Liem. Sebab, Ibnu punya peran besar dalam menggiring IESPA menginduk kepada PB ESI yang dipimpin Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan.

Baca Juga: Siap Bergulir, Super Esport Series Musim 2 Pertandingkan 3 Game

Berkat dukungan penuh Budi Gunawan dan Tommy Hermawan Lo selaku pembina PN IESPA yang menyediakan tempat pelatnas di Jeep Station Indonesia Bogor, Jawa Barat, Timnas Esports Indonesia telah menunjukkan kualitasnya.

"Hasil medali yang disumbangkan bagi Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam ini memang belum sesuai harapan. Tetapi, kita puas dengan perjuangan maksimal atlet esports Indonesia yang sudah melebih hasil pada SEA Games 2019 Filipina. Dan, kita sudah mampu mengatasi berbagai kendala teknis yang bisa dijadikan modal untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Esports 2022 nanti," kata Ketua BTN, Ibnu Riza Pradipto di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Yang perlu dicatat lagi, kata Ibnu Riza Pradipto, dari daftar perolehan medali di cabor esports SEA Games 2021 Vietnam di mana Indonesia berada di posisi runner-up telah menunjukan bahwa Esports Indonesia mampu bersaing di ajang multievent. Posisi juara umum dipegang Vietnam dengan 4 emas dan 3 perak sedangkan Filipina yang sebelumnya meraih gelar juara umum menempati peringkat ketiga.

[#pagebreak#]

"Perolehan medali ini menurut saya luar biasa, terutama kita bisa menempati posisi runner-up. Jadi, memang ini satu prestasi yang luar biasa di SEA Games kedua untuk esports, kami cukup puas dan sangat puas,” ujarnya.

"Terus terang, dukungan dan komitmen pak Budi Gunawan dan pak Bambang Sunarwibowo begitu besar dalam memotivasi atlet Esports dalam persiapan menjelang SEA Games 2021 Vietnam," pungkasnya



Penulis: Hendro D Situmorang / LES
Sumber: BeritaSatu.com

#Esport #ketua BTN #Prestasi #Indonesia #SEA Games

BAGIKAN

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

Ke Ukraina Bawa Misi Perdamaian, Jokowi: Semoga Dimudahkan

Konstitusi Uzbekistan Jamin Perlindungan Hak Warga Negara

Malaysia Open: Tekuk Duet Tiongkok, Ahsan/Hendra ke 16 Besar

Unik! Pedagang Hewan Kurban di Depok Jual Domba Tanduk Empat

Tarif ke Taman Nasional Komodo Rp 3,75 Juta Bikin Resah

Pengamat Ingatkan Waspada Potensi Krisis Ekonomi seperti Sri Lanka

KPK Pertanyakan ICW yang Hanya Ungkit Harun Masiku

Transisi Pandemi, Perekonomian Nasional dan DKI Akan Melesat

Cakupan Rendah, Bulan Imunisasi Anak Nasional Digelar

UGM dan Kemenkominfo Kolaborasi KKN-PPM Literasi Digital

BERITA TERPOPULER